Umum

Mengukur Kredibilitas Perusahaan

Penggunaan kata kredibilitas telah cukup baik dan banyak digunakan di dunia online, terutama mereka yang terlibat di dalam dunia bisnis.
Kredibilitas perusahaan adalah tingkat kepercayaan sebuah perusahaan di mata klien, pelanggan, mitra bisnis dan sumber daya keuangan. Kredibilitas merupakan kombinasi dari reputasi dan profil kredit perusahaan. Jika kurang satu atau yang lain maka perusahaan dapat dicap memiliki kredibilitas yang buruk.
Kredibilitas sering dikaitkan dengan sesuatu yang menyangkut nama baik, reputasi, kehormatan dan keberadaan sebuah perusahaan dimana hal tersebut akan dipandang sebagai sebuah nilai jual yang memiliki nilai positif dan selalu menjadi nilai lebih.
Kredibilitas adalah tingkat ukuran suatu kebenaran atas data yang telah dikumpulkan atau derajat kepercayaan data dan kecocokan data antara konsep dengan hasil penelitian. Uji kredibilitas ini dapat dilakukan dengan diskusi dan observasi.
Secara sederhana kredibilitas perusahaan online bisa dilihat dari minisite yang dimiliki perusahaan (?). Kita bisa melakukan observasi terhadap halaman yang disuguhkan perusahaan didalam websitenya.

Perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. ✔️ Kita bisa melihat profil perusahaan apakah perusahaan berbadan hukum legal dengan bukti surat ijin dari pemerintah. (?)
  2. ✔️ Halaman lain yang bisa dipertanggungjawabkan adalah halaman yang menampilkan resi pengiriman. Kita bisa kroscek langsung darimana barang dikirim dan tujuannya. (?)
  3. ✔️ Hal lain yang bisa menjadi bahan kajian adalah nomor telepon. (?)
    Nomor telepon yang bisa dipertanggung jawabkan adalah nomor telepon kabel TELKOM, bukan nomor wireless. Dan akan lebih yakin bila memiliki lebih dari satu nomor kabel. Nomor telepon kabel TELKOM tidak mudah untuk berpindah tangan dan tempat tanpa prosedur.
  4. ✔️ Nomor rekening juga bisa menjadi bahan kajian. Bila perusahaan memiliki rekening atas nama sendiri, pelanggan dapat memberikan kepercayaan lebih karena saat ini, setiap pembuatan rekening Giro harus pengecekan pihak bank. Terutama bila perusahaan memiliki akun di Giro BCA. (?)
  5. ✔️ Domisili perusahaan dapat menjadi salah satu pengujian. Perusahaan harus memberikan alamat yang jelas, lengkap, akurat dan bila memungkinkan dilengkapi dengan peta lokasi. Anda bisa menguji kebenarannya dengan cara mengirim sampel atau mengunjunginya. Saat ini, anda bisa melihat lokasi perusahaan dengan Google Maps. (?)
  6. ✔️ Berikutnya uji dengan melakuan telepon dan chat. Bila perusahaan sulit dihubungi baik dengan pembicaraan langsung di pesawat telepon atau dengan chat online atau keduanya, ini harus dipertimbangkan kredibilitasnya.
  7. ✔️ Observasi terakhir dilihat dari nama domain. Pemerintah indonesia melalui KOMINFO menyewakan domain indonesia yang berakhiran .id
    Dari beberapa domain .id yang dikhususkan untuk perusahaan adalah .co.id. Penyewaan domain .co.id diharuskan melampirkan syarat-syarat perusahaan diantaranya akte pendirian/SIUP/TDP dan KTP pemilik perusahaan.
    Kami memiliki domain perusahaan yang disahkan oleh PANDI yaitu lembaga dibawah KOMINFO yang membawahi pengaturan domain Indonesia (id) http://abadilabel.co.id 1Karena birokrasi yang rumit, kami memberhentikan layanan domain co.id, selengkapnya cek disini. Nama domain ini tidak digunakan sebagai domain utama karena pertimbangan SEO dan GOOGLE RANK.
  8. ✔️ Tetapi yang terpenting dari semua itu adalah niatan/ itikad baik dari owner perusahaan. Dan pengujian ini hanya bisa dilakukan apabila kita sudah menjalin transaksi bisnis jangka panjang atau mendapat bocoran informasi dari rekanan bisnis anda.

Dengan melakukan pengujian poin diatas, anda sudah aman untuk belanja/melakukan transaksi order, kecuali bila ingin mengetahui langsung apakah perusahaan tersebut pabrik atau bukan, itu bisa ditanyakan langsung melalui telepon atau chat. Tentu buyer seperti ini yang utama bukan mencari barang tetapi lebih yakin belanja di pabrik, walaupun hal tersebut tidak menjamin akan mendapatkan keamanan.

Berapa nilai transaksi anda? dengan nilai transaksi 100 juta, anda harus menjaga kemanan investasi uang anda dengan menguji kredibilitas suplayer. Bagaimana dengan nilai transaksi 10 juta, 5 juta atau satu juta?

  • 1
    Karena birokrasi yang rumit, kami memberhentikan layanan domain co.id, selengkapnya cek disini

Ade Munaa

Worked as an IT engineer in several companies and became a freelance software developer. More than 20 years of experience creating and managing sites in various software languages.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Back to top button