Pusat Grosir Kancing

Di Cina, terdapat pasar terbesar berskala internasional yang menjual berbagai macam kebutuhan barang seperti pakaian, furnitur, aksesoris dan lainnya. Pasar yang tersebar di Kota Yiwu ini benar-benar ramai karena hampir semua barang kebutuhan pengunjung pasti bisa didapatkan di pasar ini.

Disebut sebagai Kota Perdagangan Internasional, Kota Yiwu yang terletak di Zhejiang China memang tak pernah sepi dari pengunjung. Kota ini terkenal dengan pasar-pasar besar yang menjual beragam barang-barang yang harganya relatif murah. Untuk lebih mengenal pasar Yiwu, mari membaca ulasan di bawah ini.

Apa Itu Yiwu International Trade City?

Yiwu International Trade City merupakan kota yang terletak di Cina dan diklaim sebagai pasar internasional karena sangat besar, panjangnya mencapai 7 kilometer. Selain itu, Pasar Yiwu juga menyediakan banyak sekali kebutuhan barang dengan harga yang relatif murah. Tercatat ada sekitar 14 ribu pengusaha asing yang berdagang di sini dari 100 negara lebih dan ada 70 ribu stan tersebar di dalamnya. Bahkan hingga saat ini juga banyak pesanan online antar negara yang dilayani oleh Pasar Yiwu.

Sejarah munculnya pasar Yiwu yaitu karena latar belakang kemiskinan penduduk kota Yiwu yang dulunya mayoritas petani. Karena tidak ada pilihan lain, para petani pun mulai berdagang untuk mencari uang tambahan selain bertani. Pada mulanya, mereka menjual bulu ayam lalu membuat barang-barang kebutuhan rumah tangga hingga berhasil melakukan ekspor.

Semakin lama perdagangan petani Yiwu mulai berkembang dan mereka berjualan melintasi desa. Kemajuan perdagangan penduduk kota Yiwu pun mendapat perhatian pemerintah setempat. Pemerintah memasang papan semen di atas parit untuk membuka lebih dari 700 kios pedagang yang terletak di dekat Jalan Huqingmen. Pasar Yiwu terus berkembang dan mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

Yang menarik dari Pasar Yiwu adalah pembelian yang boleh satuan atau bijian dan juga grosir. Pasar Yiwu melayani semua pembelian dan dibuka setiap hari pukul 9 pagi hingga 5 sore, kecuali selama liburan musim semi Cina. Pasar ini banyak dikunjungi oleh masyarakat Cina itu sendiri, juga pengunjung dari luar negeri seperti orang Timur Tengah, Rusia dan Afrika.

Produk Apa Saja yang Dijual

Produk yang dijual di pasar Yiwu sangat banyak bahkan mungkin beberapa dari pengunjung juga tidak menyadari beberapa barang yang ada di sana. Mulai dari aksesori, pakaian, homeware, alat elektronik, dan lain sebagainya tersedia di pasar Yiwu.

Beberapa barang favorit pengunjung seperti tas, koper, perhiasan, mainan, topi, selendang/syal, sabuk, jam tanga, kosmetik, lukisan, bunga, jas hujan, kebutuhan alat tuli, kebutuhan kantor, sepatu dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Ke Sana

Transportasi dengan pesawat tidak bisa langsung menuju ke Pasar Yiwu, lalu bagaimana cara ke sana? Yiwu adalah kota tingkat kabupaten dan tidak ada penerbangan international yang menuju kesana.

Biasanya importir tiba di Guangzhou, Shenzhen, Shanghai atau Hangzhou terlebih dahulu, barulah menuju ke Yiwu dengan pesawat lokal, kereta api atau bus antar kota. Perhatikan tips berikut ini:

  1. Dari Guangzhou/Shenzhen

Jika ke Cina melalui jalur udara dan tiba di bandara Guangzhou/Shenzhen, Anda bisa langsung menuju ke Yiwu dengan pesawat lokal dalam waktu kurang lebih 2 jam. Atau bisa dengan naik kereta bawah tanah melalui 2 jalur yaitu:

  1. Dari Shanghai

Dari bandara Shanghai, bisa naik bus ke Yiwu, jaraknya sekitar 300 km dan dapat ditempuh selama 4,5 jam. Jika beruntung, Anda akan bertemu dengan beberapa travel mobil yang bisa disewa ke Yiwu. Jika ingin menggunakan jalur kereta, bisa naik kereta bawah tanah ke stasiun Hongqiao, lalu naik kereta cepat ke Yiwu

  1. Dari Hangzhou

Jalur ini yang paling dekat dengan Yiwu, sesaat setelah sampai di bandara Hangzhou bisa naik bus ke Yiwu selama 1.6 jam perjalanan dengan jarak sekitar 100 km.

Di bandara Hangzhou juga banyak travel mobil untuk disewa ke Yiwu, jangan lupa lakukan tawar-menawar. Sedangkan melalui jalur kereta api bisa menuju ke stasiun Hangzhou Dong untuk kereta api cepat dan stasiun Hangzhou untuk kereta api biasa.

Bagaimana Cara Beli?

Mengingat betapa besarnya Pasar Yiwu dan betapa banyaknya stan atau toko yang ada di dalamnya, pasti akan bingung jika ingin membeli sesuatu di sana. Tetapi tidak perlu bingung atau pun pusing, berikut ini akan dijelaskan beberapa tips untuk cara membeli barang yang diinginkan di Pasar Yiwu, antara lain:

  1. Ketahui Jam Buka Pasar Yiwu

Pasar Yiwu buka pada jam 9 pagi hingga 5 sore kecuali pada liburan musim semi Cina. Jangan sampai sudah jauh-jauh ke Cina ternyata bertepatan dengan festival musim semi Cina, pasar Yiwu akan tutup total.

  1. Siapkan Daftar/List Barang Prioritas

Rencanakan apa yang ingin dibeli, buat daftar/list belanja, fokus pada daftar tersebut dan berkeliling lah selama satu minggu untuk mendapatkan barang yang bagus dengan harga pas.

  1. Tukar Mata Uang Cina Sebelum Keberangkatan

Karena tukar uang di lokasi pasti lebih mahal. Meski beberapa toko/kios di pasar Yiwu juga menerima mata uang asing, ini bukan pilihan yang tepat dan aman untuk dilakukan.

  1. Hindari Menggunakan Agen

Jika baru pertama kali ke Yiwu bahkan ke Cina, bisa menggunakan jasa agen di sekitar Yiwu, tetapi agen juga mencari keuntungan karena kendala bahasa para pengunjung, jadi berhati-hatilah. Disarankan untuk tidak perlu pakai jasa agen.

  1. Jangan Terpaku pada Satu Pilihan

Pasar Yiwu sangat luas dan bayak sekali pilihan barangnya. Jika ingin membeli barang secara massal atau dijual kembali pergilah ke banyak toko dan berkeliling lebih dari satu hari.

Sumber Berita: simulasikredit.com

Exit mobile version