Umum

Perbedaan Patch Emboss dan Laser

Patch denim atau label kulit merupakan aksesoris garment yang terbuat dari bahan baku berjenis kulit baik berupa kulit imitasi, kulit asli atau laken (kertas). Sementara untuk model dan desain kustom, mengikuti keinginan dari buyer.
Proses pencetakan label merek atau logo pada patch label menggunakan dua tehnik/mesin berbeda yaitu:

  1. Menggunakan mesin laser (proses pembakaran)
  2. Menggunakan mesin frekwensi (proses emboss)

Mesin laser akan membakar lapisan kulit dengan kedalaman tertentu mengikuti bentuk hurup atau logo. Pembakaran dapat dilakukan untuk permukaan saja, setengah ketebalan atau seluruhnya. Warna hasil pembakaran putih, kuning atau hitam sesuai dengan bahan baku kulit yang digunakan.

Mesin frekwensi (press machine) menggunakan matras/cetakan yang dipanaskan sampai 100 derajat celcius. Caranya dengan menekankan matras panas yang telah diberi logo atau merek keatas permukaan kulit. Kelebihan mesin frekwensi kami yaitu dapat melakukan proses secara langsung emboss dan sablon dalam waktu yang sama, sehingga hasil sablonnya tepat diatas permukaan emboss.

Mesin frekwensi akan menghasilkan emboss/ pembakaran alami untuk kulit asli dan penggunaan warna logo/merek yang berbeda untuk kulit imitasi.

Kesimpulan:

  1. Laser hanya akan menghasilkan pembakaran tanpa melakukan penyablonan. Warna yang timbul adalah asli dari warna pembakaran.
  2. Frekwensi bisa melakukan salah satu atau kedua-duanya secara bersamaan antara emboss dan sablon.
  3. Kulit asli akan menghasilkan warna alami ketika di emboss
  4. Kulit imitasi tidak bisa menghasilkan warna ketika diemboss. Proses pewarnaan logo atau merek harus melalui penyablonan.
  5. Mesin laser tidak memerlukan matras, sedangkan mesin frekwensi harus menggunakan matras.
  6. Pengerjaan mesin laser lebih cepat dan instan seperti ngeprint, sedangkan mesin frekwesnsi memerlukan waktu untuk pembuatan matras.
  7. Pemotongan/pembentukan kulit pada mesin laser dapat dilakukan oleh mesin sedangkan pada mesin frekwensi harus menggunakan pisau potong dengan mesin berbeda.
  8. Harga patch menggunakan mesin laser lebih mahal dibanding patch dengan mesin frekwensi.
  9. Untuk melihat perbedaan hasil produksi dari kedua mesin diatas silahkan pilih label kulit pada menu sebelah kanan atau memilih judul label kulit untuk versi mobile site.

Ade Munaa

Worked as an IT engineer in several companies and became a freelance software developer. More than 20 years of experience creating and managing sites in various software languages.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also
Close
Back to top button