Umum

Reputasi Bisnis

Reputasi bisnis adalah penting untuk kelangsungan hidup perusahaan. Kepercayaan dan keyakinan konsumen dapat memiliki efek langsung dan mendalam pada arus bawah perusahaan. Baru-baru ini, pentingnya reputasi telah menjadi semakin jelas.
Di masa lalu, bisnis mengandalkan dari mulut ke mulut oleh para pemangku kepentingan mereka dalam rangka membangun, membangun dan mempertahankan reputasi mereka. Dalam zaman modern ini jejaring sosial, situs, dan metode lain dari komunikasi instan, bisnis harus teliti reputasi mereka secara konstan dan responsif terhadap setiap krisis yang mungkin berdampak pada reputasi mereka.
Sementara konsep tidak berwujud, memiliki reputasi yang baik bisa mendapatkan keuntungan bisnis dalam banyak cara termasuk: preferensi konsumen; dukungan untuk sebuah organisasi di masa krisis atau kontroversi; dan nilai masa depan dari sebuah organisasi di pasar.
Jika suatu organisasi memiliki reputasi yang baik di pasar, konsumen mungkin memiliki preferensi untuk perusahaan yang bahkan jika ada bisnis serupa menawarkan produk yang sama atau jasa untuk harga yang berbeda. Reputasi suatu organisasi dapat memungkinkan perusahaan untuk membedakan produknya di pasar yang sangat kompetitif, memungkinkan untuk memiliki harga premium, dan dapat menjadi faktor utama dalam apakah pelanggan memutuskan untuk menggurui satu bisnis atas yang lain.
Penelitian menunjukkan, misalnya, bahwa karena peningkatan permintaan untuk makanan sehat, produk organik, dan lebih banyak makanan ramah lingkungan, perusahaan telah mulai untuk membedakan produk mereka melalui pelabelan makanan, dan melihat bahwa konsumen bersedia membayar harga premium untuk label yang dianggap memiliki lebih dari reputasi bergengsi daripada yang lain.
Sebuah studi menunjukkan ada sepuluh komponen utama reputasi organisasi yang digunakan dalam sistem pengukuran reputasi:

  1. Etika: organisasi berperilaku etis, sangat mengagumkan, adalah patut dihormati, dan dipercaya.
  2. Karyawan / tempat kerja: organisasi memiliki karyawan berbakat, memperlakukan orang dengan baik, dan merupakan tempat kerja menarik.
  3. Kinerja keuangan: organisasi secara finansial kuat, memiliki catatan profitabilitas, dan memiliki prospek pertumbuhan.
  4. Kepemimpinan: organisasi adalah pemimpin bukan pengikut, dan inovatif.
  5. Manajemen: organisasi dikelola dengan baik, memiliki manajemen kualitas tinggi, dan memiliki visi yang jelas untuk masa depan.
  6. tanggung jawab sosial: organisasi mengakui tanggung jawab sosial, dan mendukung tujuan yang baik.
  7. fokus pelanggan: organisasi peduli dan memiliki komitmen yang kuat untuk pelanggan.
  8. Kualitas: organisasi menawarkan produk dan layanan berkualitas tinggi.
  9. Keandalan: organisasi berdiri di belakang produk dan layanannya, dan menyediakan layanan yang konsisten.
  10. daya tarik emosional: itu adalah sebuah organisasi saya merasa baik tentang, jenis, dan menyenangkan.

komponen tambahan yang ditemukan di beberapa sistem dipelajari. Ini termasuk nilai, diferensiasi, kehadiran, dan kualitas komunikasi.
Organisasi mencari untuk membangun reputasi mereka dapat melakukannya di sejumlah cara untuk meningkatkan profitabilitas dan membangun diri di pasar.

  1. Membangun kepercayaan – Menjaga kata Anda tidak peduli apa dalam hal memberikan layanan, membayar vendor ketika mereka jatuh tempo, dan menepati janji kepada pelanggan. Ini akan membantu memperkuat dan membangun kredibilitas dengan pelanggan.
  2. Jadilah responsif – Kembali panggilan dan menjawab email segera, membiarkan pelanggan tahu pentingnya mereka bagi Anda dan organisasi Anda.
  3. Mengatasi kesalahan dan kesalahan – Jangan membuat alasan atau tempat menyalahkan pelanggan jika masalah itu adalah kesalahan Anda atau perusahaan. Pelanggan yang marah bisa menjadi sekutu terbesar Anda jika Anda membuat upaya untuk mengatasi kesalahan atau kesalahan secepat mungkin.
  4. Nilai penawaran – menawarkan pelayanan gratis kepada pelanggan setia dan memperhatikan detail dan preferensi pelanggan dapat pergi jauh ke arah membangun reputasi perusahaan Anda di pasar.
  5. Peka terhadap privasi – Dengan pencurian identitas merajalela dan hacking, menyadari sifat sensitif dari informasi keuangan adalah lebih penting daripada sebelumnya.
  6. Menjadi teknologi cerdas – Menunjukkan kemahiran dalam teknologi dapat menambah reputasi perusahaan dan sangat penting untuk karena dianggap sebagai bisnis yang kompeten dan mampu. Komputer, perangkat lunak, pesan suara, website, dan situs media sosial harus terus up to date.
  7. Berkomunikasi secara efektif dan transparan – Correspondence seperti surat, email, pesan suara dan metode komunikasi lainnya harus langsung dan to the point. Gunakan ejaan dan tata bahasa dan meninggalkan informasi kontak untuk pelanggan dan perusahaan informasi seperti nama lengkap, alamat, telepon, fax, URL website, nomor bebas pulsa, jam dan informasi penting lainnya – akan ditampilkan di lokasi yang menonjol.
  8. Menjaga website dipoles dan profesional – Memiliki bersih, up-to-date, website profesional adalah mutlak penting hari ini, terlepas dari jenis atau ukuran bisnis.
  9. Layanan masyarakat – Kedermawanan untuk organisasi lokal seperti non-profit dapat pergi jauh ke arah
    membangun dan membangun reputasi organisasi Anda. pelayanan masyarakat termasuk memberikan layanan pro bono atau menyumbangkan uang, waktu atau makanan untuk sebuah event atau acara penggalangan dana.

Sebelum usia situs media sosial seperti Twitter atau Facebook, reputasi bisnis sebagian besar mengandalkan kata dari mulut atau secara hati-hati dibudidayakan kampanye oleh humas dan pemasaran perusahaan. Mempertahankan reputasi perusahaan melalui media sosial membutuhkan waktu dan memerlukan mendidik para pemangku kepentingan dalam organisasi, membuat mereka menyadari nilai-nilai internal perusahaan dan pesan kunci yang perlu disampaikan serta menciptakan satu suara, konsisten. Bisnis dapat membangun reputasi perusahaan mereka dengan:

  1. Menugaskan tanggung jawab – Sebagai pemimpin bisnis, Anda harus mempercayai seseorang memiliki kemampuan untuk menjadi “wajah” untuk organisasi pada situs jejaring sosial. Memilih seseorang yang akan memiliki waktu untuk mendedikasikan menuju memperbarui dan memelihara situs jejaring sosial serta menanggapi pertanyaan pelanggan atau keluhan.
  2. Jauhkan staf Anda informasi dan pendidikan – Berikan staf Anda gagasan tentang apa yang bisa dan tidak bisa dikatakan di situs jejaring sosial serta menjaga mereka menyadari pemasaran dan komunikasi kampanye terbaru atau apapun kebijakan perusahaan yang akan dilaksanakan yang akan memiliki berdampak pada pelanggan. Menjaga setiap divisi dan semua anggota staf menyadari satu sama lain sehingga pesan yang akan disebarkan akan konsisten dengan misi dan “suara” dari perusahaan.
  3. Responsif di saat krisis – Baik negatif atau positif – tentang perusahaan Anda. Mengambil kepemilikan situs media sosial Anda akan memberikan Anda kontrol yang Anda butuhkan untuk mengelola percakapan dan cepat merespon umpan balik. Pemantauan dan menanggapi pelanggan dan menyelesaikan masalah dengan cepat akan pergi jauh ke arah membangun reputasi positif bagi organisasi Anda.
  4. Membangun reputasi online Anda – Ketika calon pelanggan mencari online untuk nama perusahaan Anda, bisnis Anda harus berada di halaman pertama. Selain itu, situs jejaring sosial seperti Twitter, Facebook, atau LinkedIn juga harus di sana sekali situs-situs yang dibuat dan ditetapkan. Menciptakan kehadiran online yang kuat sangat penting bagi suatu organisasi untuk membangun merek dan mempertahankan reputasinya.
  5. Memonitor percakapan – Setelah situs media sosial yang dibuat dan ditetapkan, menggunakan social alat pemantauan media seperti Google Alerts, Trackur, atau SocialMention untuk mencari tahu apa jenis umpan balik perusahaan Anda menerima; ini juga merupakan alat yang menghemat waktu untuk orang yang bertanggung jawab dari konten media sosial. Sejak situs media sosial adalah sebuah platform publik secara real time, reputasi perusahaan Anda adalah jelas untuk banyak pelanggan potensial, dan bagaimana perusahaan Anda merespon mungkin berdampak pada keputusan pembelian mereka.

Reputasi bisnis tergantung pada sejumlah faktor, termasuk memastikan bahwa bisnis memberikan janji-janji kepada pelanggan dan vendor. Transparan, dapat dipercaya dan responsif sangat penting untuk kelangsungan hidup setiap perusahaan. Sementara dianggap sebagai aset tidak berwujud, menjaga reputasi positif adalah fundamental bagi profitabilitas, relevansi, dan keberadaan bisnis Anda. Bad word-of-mulut, kurangnya respon terhadap krisis, dan kurangnya transparansi cepat dapat memusnahkan reputasi perusahaan, sehingga sangat penting bahwa pemilik bisnis teguh dalam mempertahankan goodwill kepada stakeholder mereka.

Penulis: Leon Bracey

Ade Munaa

Worked as an IT engineer in several companies and became a freelance software developer. More than 20 years of experience creating and managing sites in various software languages.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Check Also
Close
Back to top button

Informasi

CV Abadi Label, tidak menyediakan sampel gratis. Klik disini untuk melihat alamat kantor dan tekan X di sebelah kanan atas, untuk keluar dari popup ini.

Alamat Kantor

Jalan gang Ibu Karees No 270C, maleber, Andir, Kota Bandung 40184. Jawa Barat, Indonesia. Telepon/WA 62226079935
Klik Disini